Assalamualaikum

Selamat Datang di ukki-ubaya

Nantikan Kegiatan Kami

Kami mempersembahkan Acara dan Kegiatan seru Lomba Karya Opini, Pengobatan gratis, Tabligh Akbar, Seminar, Talk Show, dan Rekor Muri

Keceriaan bersama kami

Prev Next

Gulai Daging Makanan yang Dianjurkan Rasululloh

Diriwayatkan apabila Rasullah diberi tahu bahwa ada orang yang sakit dan tidak mau makan, beliau berkata, ”Hendaknya kalian buatkan bubur daging, lalu suapkanlah kepadanya.” Beliau bersabda, ”Demi zat yang jiwaku ada di tangan – Nya, sesungguhnya makanan itu bisa membersihkan perut salah seorang diantara kalian sebagaimana salah seorang diantara kalian membersihkan wajah dari kotoran.”
Kata talbin (gulai daging) sendiri sebenarnya merupakan sejenis gulai yang lembut, setara dengan susu lemak. Al – Harawi menandaskan bahwa gulai ini disebut talbin karena serupa dengan laban (susu), berwarna putih dan lembut. Makanan talbin ini amat bermanfaat bagi orang sakit karena bertekstur lembut dan masak, tidak kental dan tidak mentah sehingga baik untuk pencernaannya.
Makanan ini berasal dari tepung gandum yang ditumbuk bersama dengan kulitnya. Khasiatnya juga lebih terasa karena berasal dari gandum yang sudah ditumbuk halus dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.
Di era modern ini kita terbiasa mengkomsumsi makanan siap saji, makanan yang mengandung bahan pengawet, zat pewarna, dan lain sebagainya. Kondisi tersebut sedikit demi sedikit akan menggangu daya tahan tubuh yang apabila berkelanjutan akan menimbulkan sakit. Seringkali di dalam sakit, lambung banyak mengandung unsur campuran empedu, kotoran bahkan juga nanah di dalamnya. Maka gulai inilah yang berfungsi untuk membersihkan lambung, mencuci, melicinkan, dan mencairkan unsur – unsur jahat tersebut di samping juga menstabilkannya, meleburkan unsur – unsur keras dan menyehatkannya.
Gulai kambing ini juga berkhasiat untuk menghilangkan sebagian kesedihan bagi orang berduka karena khasiat yang terkandung di dalamnya yaitu sebagai makanan yang menentramkan. Hal ini tidak aneh karena memang ada makanan – makanan yang berkhasiat memberikan kegembiraan. Namun ada juga yang berpendapat bahwa stamina orang yang berduka itu melemah karena dominan keputusasaan di seluruh organ tubuhnya. Bahkan secara khusus pada bagian lambungnya akibat semakin sedikitnya porsi makan dan kondisi stress pada saat putus asa tersebut akan membuat zat asam diproduksi lebih tinggi di dalam lambungnya. Gulai daging inilah yang berfungsi untuk memberi kelembaban pada tubuh, memperkuat dan menambah asupan gizi sehingga dapat mengontrol kadar asam yang berlebih tersebut. Wallahu a’lam bishshawab.             ( Sumber : Metode Pengobatan Nabi Oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah )